ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS VIII MTs AL-MA’ARIF NU QAMARUL HUDA NARMADA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

MARIYA, SULASTRI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA KELAS VIII MTs AL-MA’ARIF NU QAMARUL HUDA NARMADA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Mariya Sulastri (E1R016050).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif NU Qamarul Huda Narmada Tahun Pelajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatankuantitatif. Tehnik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan dipilih masing-masing 2 siswa mewakili setiap tipe kepribadian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket tipe kepribadian, tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Siswa tipe kerpibadian introvert belum mampu menuliskan tahap memahami masalah, menyebutkannya dengan membaca kembali soal, melakukan tahap membuat rencana dengan menuliskannya ke bentuk matematika, menuliskan penyelesaian masalah dengan sistematis tetapi masih ada beberapa kesalahan, menuliskan kesimpulan jawaban meskipun kurang tepat. (2) Siswa tipe kepribadian extroverttahap memahami masalah belum mampu menuliskan informasi yang dibutuhkan tetapi menyebutkanya dengan tepat saat wawancara, membuat rencana dengan menuliskanbentuk matematika meskipun kurang tepat dan sistematis, menuliskan penyelesaian masalah dari soal sesuairencana yang dibuat meskipun masih terdapat kesalahan langkah, sertamelakukan pemeriksaan kembali sebelum mengumpulkan. (3) Siswa tipe kepribadian ambivert mampu melakukan tahap memahami masalah meskipun ada beberapa kesalahan, menuliskan rencana penyelesaian dari soal dengan langsung menuliskannya ke bentuk matematika, mampu menuliskan penyelesaian soal sesuai rencana meskipun terdapat beberapa kesalahan langkah, melakukan pemeriksaan kembali dan menuliskan kesimpulan meskipun terdapat kesalahan hasil. .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematika, introvert, extrovert, ambivert
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:39
Last Modified: 05 Aug 2021 00:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22999

Actions (login required)

View Item View Item