PENGARUH PERTUMBUHAN UDANG VANAME (Litopanaeus vannamei) YANG DIBERI PERLAKUAN PENURUNAN SALINITAS DENGAN DITAMBAHKAN AIR KAPUR CaCO3

Nurisnaini, Fitriana (2021) PENGARUH PERTUMBUHAN UDANG VANAME (Litopanaeus vannamei) YANG DIBERI PERLAKUAN PENURUNAN SALINITAS DENGAN DITAMBAHKAN AIR KAPUR CaCO3. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURISNAINI FITRIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara kepulauan yang dimana perairannya banyak dilakukan kegiatan budidaya. Diantaranya yaitu budidaya udang. Udang merupakan salah satu komoditas andalan perikanan yang memilki potensi tinggi yang dapat meningkatkan devisa. Salah satu parameter kualitas air yang berperan sangat penting dalam pertumbuhan dan kelulushidupan udang vanamei adalah salinitas. Salinitas merupakan salah satu aspek kualitas air yang memegang peran penting karena mempengaruhi pertumbuhan udang vannamei. Udang vannamei bersifat euryhalin yaitu dapat bertahan dalam salinitas yang luas sehingga dapat dipelihara di daerah pantai yang salinitasnya 15-40 ppt. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penurunan salinitas dengan ditambahkan air kapur pada media budidaya terhadap pertumbuhan Udang Vaname (Litopanaeus vannamei). Penelitian ini akan menggunakan Metode Ekperimental, dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 5 (lima) perlakuan dan 3 (tiga) ulangan. Adapun perlakuan yang akan dilakukan: P1= Tanpa aklimatisasi, P2= masa aklimatisasi 5 hari, P3=masa aklimatisasi 6 hari,P4= masa aklimatisasi 7 hari, P5=masa aklimatisasi 8 hari. Parameter yang digunakan untuk menguji hasil penelitian ini yaitu pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan berat mutlak, rasio konversi pakan, tingkat konsumsi oksigen, tingkat kelangsungan hidup dan pengukuran kualitas air. Semua parameter penelitian dianalisa dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA). Jika hasil analisis menunjukkan beda nyata maka dilanjutkan dengan uji Duncan pada taraf nyata 5%, sedangkan data hasil pengamatan kualitas air dianalisis secara deskriptif menggunakan tabulasi sederhana. Berdasarkan penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh yang berbeda nyata pertumbuhan panjang dan berat mutlak, FCR, TKO dan kelangsungan hidup. Sedangkan untuk kualitas air masih dalam batas normal untuk pertumbuhan udang vaname.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Udang vaname, salinitas, pertumbuhan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:39
Last Modified: 05 Aug 2021 00:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23004

Actions (login required)

View Item View Item