PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN GUGUS 4 KECAMATAN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RIA, JELITA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN GUGUS 4 KECAMATAN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIA JELITA FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan sosial siswa kelas V SDN gugus 4 kecamatan Kediri tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen tipe posttest only control design. Data hasil penelitian berupa nilai keterampilan sosial siswa yang diperoleh dari siswa kelas VB SDN 1 Dasan Baru dan Kelas VB SDN 1 Lelede tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan instrument berupa lembar observasi penilaian keterampilan sosial siswa. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size. Hasil analisis data menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa thitung(5,21) > ttabel(1,68) pada taraf signifikan 5% dan dk = 42, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil t-test tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan sosial siswa kelas V SDN gugus 4 kecamatan Kediri tahun pelajaran 2020/2021. Adapun hasil uji effect size menggunakan perhitungan Cohen’s yaitu 1,56 yang menunjukkan besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan sosial siswa (berkategori tinggi).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Keterampilan Sosi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:39
Last Modified: 05 Aug 2021 00:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23008

Actions (login required)

View Item View Item