PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN BUATAN DAN MAGGOT (Hermatia illucense) TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN PERTUMBUHAN PADA BENIH IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus blochii)

Satya, Ananda (2021) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PAKAN BUATAN DAN MAGGOT (Hermatia illucense) TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN PERTUMBUHAN PADA BENIH IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus blochii). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Satya Ananda, C1K016089, Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan alternatif bahan pengganti tepung ikan dalam pakan buatan salah satunya yaitu maggot. Maggot atau larva dari lalat Hermetia illucense memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Aplikasi penggunaan maggot sebagai pakan sangat mudah diterapkan. Maggot dapat dijadikan pakan secara langsung dalam bentuk segar ataupun dicampur bahan lain seperti dedak untuk dijadikan pelet. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh pemberian kombinasi maggot dan pakan komersil terhadap retensi protein dan pertumbuhan pada ikan bawal bintang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi pakan komersial dan maggot terhadap produksi dan perumbuhan pada benih ikan bawal bintang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan ditambah 1 kontrol dan 3 kali ulangan, sehingga diperoleh 15 unit percobaan. P0 Pemberian 100% pakan pellet, P1 Pemberian 80% pakan pellet dan 20% maggot, P2 Pemberian 60% pakan pellet dan 40% maggot, P3 Pemberian 40% pakan pellet dan 60% maggot, P4 Pemberian 20% pakan pellet dan 80% maggot. Hasil pengamatan nilai terbaik laju pertumbuhan panjang mutlak, laju pertumbuhan panjang spesifik, laju pertumbuhan bobot mutlak, laju pertumbuhan bobot spesifik, FCR, dan Kualitas air yang optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pemberian kombinasi pakan komersial dan maggot tidak memberikan pengaruh nyata terhadap terhadap tingkat kelangsungan hidup (TKH), efisiensi pemberian pakan dan indeks hepatosomatic.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Maggot, Pakan, Retensi Protein
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:40
Last Modified: 05 Aug 2021 00:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23011

Actions (login required)

View Item View Item