ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V DI SDN 31 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020/2021

PEBI, ANGGARA PUTRA (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V DI SDN 31 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Pebi Anggara Putra 12 Juli 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesulitan belajar yang terjadi dalam masa pandemi COVID-19 pada siswa kelas V di SDN 31 Mataram dan untukmengetahui faktor penyebab kesulitan belajar dalam masa pandemi COVID-19 pada kelas V di SDN 31 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif explorative.Penelitian ini menggunakan metode wawancara untuk memperoleh data.Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 orang siswa kelas V di SDN 31 Mataram, dan sumber datanya diperoleh dari 5 orang tua atau wali siswa kelas V di SDN 31 Mataram dan juga wali kelas V di SDN 31 Mataram. Dari hasil penelitian ini peneliti mendapatkan informasi yang menunjukkan bahwa dalam masa pandemi COVID-19, siswa kelas V di SDN 31 Mataram mengalami kesulitan belajar, hal tersebut didapatkan dari hasil wawancara peneliti dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V dan sumber data yaitu orang tua siswa kelas V SDN 31 Mataram dan guru wali kelas V SDN 31 Mataram. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dalam masa Pandemi COVID-19 meliputi siswa sulit memahami materi yang diberikan guru, siswa sulit berkomunikasi langsung dengan guru dalam proses pembelajaran, dan siswa kesulitan dalam mengerjakan tugas, kesulitan tersebut terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: Siswa tidak mendapatkan penjelasan dari guru ketika menerima materi dan tugas, tidak semua siswa memiliki handphone, siswa tidak bertemu langsung dengan guru, media pembelajaran hanya melalui whatsapp saja, dan ketersediaan kuota internet yang tidak mencukupi dan memadai siswa untuk menggunakan aplikasi- aplikasi pembelajaran daring tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :Kesulitan Belajar, pandemi COVID-19, pembelajaran daring, SDN 31 Mataram
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:43
Last Modified: 05 Aug 2021 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23023

Actions (login required)

View Item View Item