KERAGAMAN SERANGGA PREDATOR FAMILI COCCINELLIDAE PADA FASE GENERATIF TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI DESA JAGARAGA LOMBOK BARAT

APRIADI, APRIADI (2021) KERAGAMAN SERANGGA PREDATOR FAMILI COCCINELLIDAE PADA FASE GENERATIF TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) DI DESA JAGARAGA LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - C1M015017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keragaman Serangga Predator Famili Coccinellidae Pada Fade Generatif Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.) Di Desa Jagaraga Lombok Barat.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan Oktober 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengamatan langsung dan pengumpulan data dilapangan. Pengamatan dimulai pada saat tanaman berumur 40 HST, dengan interval 5 hari sampai dengan tanaman berumur 85 HST, sehingga total pengamatan yaitu 10 kali pengamatan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah Karakteristik Morfologi Coccinellidae populasi Coccinellidae, tingkat dominasi Coccinellidae dan keragaman Coccinellidae. Hasil pengamatan di lapangan dan identifikasi yang telah dilakukan di Laboratorium Proteksi Tanaman Fakultas pertanian Universitas Mataram ditemukan enam spesies Coccinellide predator. Spesies-spesies tersebut adalah Coelophora inaequalis,Verania lienata, Coleophora reniplagiata, Coleophora maculate, Cheilomenes sexmaculatus, Coccinella transversalis. Didapatkan indeks keragaman Coccinellidae pada fase generatif tanaman cabai rawit adalah (H´) 1.03 yang tergolong sedang. Populasi Coccinellidae pada lahan tanaman cabai rawit yaitu 1306 total individu. Didapatkan dua jenis spesies Coccinellidae yang mendominasi yaitu Verania lienata dengan tigkat dominasi sebesar 0.84 dan Cheilomenes sexmaculatus dengan tingkat dominasi sebesar 0.99.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Keragaman, Coccinelidae , Cabai Rawit
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:43
Last Modified: 05 Aug 2021 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23027

Actions (login required)

View Item View Item