IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK NANO KITOSAN SEBAGAI ADSORBEN LOGAM Fe BERDASARKAN KECEPATAN PENGADUKAN MENGGUNAKAN METODE GELASI IONIK

EVA, NURHALIZA (2021) IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK NANO KITOSAN SEBAGAI ADSORBEN LOGAM Fe BERDASARKAN KECEPATAN PENGADUKAN MENGGUNAKAN METODE GELASI IONIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Eva Nurhaliza (G1B016013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kitosan dari cangkang udang berpotensi sebagai bahan baku dalam sintesis nano kitosan. Dalam bentuk nano, kitosan memiliki kemampuan adsorpsi yang lebih baik karena memiliki permukaan yang spesifik, sehingga efesiensi dalam menyerap ion logam menjadi lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kecepatan pengadukan yang optimum dalam proses sintesis nano kitosan untuk mengadsorpsi logam Fe serta mengetahui morfologi dan ukuran nano kitosan berdasarkan kemampuan adsorpsi logam Fe yang paling optimum. Penelitian ini telah dilakukan menggunakan metode gelasi ionik. Penentuan kecepatan pengadukan yang optimum dalam mengadsorpsi logam Fe dilakukan pada variasi 250, 500, 750, 1000, dan 1250 rpm. Alat karakterisasi yang digunakan pada penelitian berupa FTIR, AAS dan SEM. Hasil karakterisasi FTIR menunjukkan bahwa cangkang udang yang disintesis telah berhasil terbentuk senyawa kitosan. Adapun karakterisasi AAS menunjukkan bahwa kecepatan pengadukan mempengaruhi kemampuan mengadsorpsi logam Fe. Dimana kecepatan pengadukan optimum diperoleh pada kecepatan pengadukan 750 rpm dengan kemampun penyerapan sebesar 81,35%. Pada kecepatan pengadukan 750 rpm, dilakukan karakterisasi menggunakan SEM. Hasil karakterisasi SEM menunjukkan bahwa morfologi identik berupa bulat (sferis) pipih, berbentuk memanjang, dan posisi tidak teratur. Sedangkan ukuran yang terbentuk tidak sama dan distribusi (rata-rata) ukuran partikel sekitar 173,71 nm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : adsorpsi, gelasi ionik, kecepatan pengadukan, nano kitosan.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:43
Last Modified: 05 Aug 2021 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23029

Actions (login required)

View Item View Item