ANALISIS KEEFEKTIFAN MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PERBAIKAN RUMAH RUSAK SEDANG DAN RUMAH RUSAK RINGAN KORBAN BENCANA GEMPA BUMI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT PROVINSI NTB

SUSDIANA, SUSDIANA (2021) ANALISIS KEEFEKTIFAN MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PERBAIKAN RUMAH RUSAK SEDANG DAN RUMAH RUSAK RINGAN KORBAN BENCANA GEMPA BUMI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
THESIS SUSDIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tahun 2018 Lombok diguncang dengan gempa bumi magnitude 6,4 yang menimbulkan kerugian. Salah satu program pemerintah dalam menindaklanjuti bencana yang telah terjadi yaitu dengan adanya Perbaikan Rumah Akibat Gempa yang terdiri dari perbaikan rumah rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui validitas kategori kerusakan yang diperoleh penerima bantuan dengan keadaan riil rumah penerima bantuan, kesesuaian pelaporan dengan rencana anggaran biaya yang dibuat dan untuk mendapatkan alternatif strategi yang optimal dalam manajemen penyelenggaraan perbaikan rumah rusak sedang dan rumah rusak ringan korban bencana gempa bumi di kabupaten Lombok Barat. Teknik pengambilan sampel pada analisis SWOT ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dan untuk analisis AHP menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 strategi yaitu strategi SO (Strength-Opportunity), WO (Weakness-Opportunity), ST (Strength-Threat), dan WT (Weakness-Threat). Setelah dilakukan pembobotan dan analisis matrik EFAS dan IFAS diperoleh grand strategi yaitu pada kuadran III dengan strategi WO. Hasil analisis dengan metode AHP diperoleh nilai alternatif 1= 38,04%, nilai alternatif 2= 31,35% dan nilai alternatif 3= 30,68%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa urutan alternatif yang menjadi prioritas dalam manajemen pelaksanaan RTG ini yaitu alternatif 1 dengan melibatkan masyarakat dalam penentuan kebijakan, penyelesaian masalah yang terjadi, pemilihan supplier dengan cara musyawarah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Gempa, Perbaikan Rumah, RTG, Manajemen, SWOT, AHP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:38
Last Modified: 06 Aug 2021 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23038

Actions (login required)

View Item View Item