RELASI DIMENSI POLA ASUH ORANG TUA DAN BIMBINGAN GURU PPKn DALAM UPAYA PERLINDUNGAN ANAK PADA DIMENSI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 13 MATARAM

Yuyun, Ningsiati (2021) RELASI DIMENSI POLA ASUH ORANG TUA DAN BIMBINGAN GURU PPKn DALAM UPAYA PERLINDUNGAN ANAK PADA DIMENSI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 13 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Yuyun Ningsiati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relasi dimensi pola asuh orang tua dan bimbingan guru PPKn dalam upaya perlindungan anak pada dimensi sekolah ramah anak di SMP Negeri 13 Mataram. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik bermasalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dimensi pola asuh orang tua dalam upaya perlindungan anak yang difokuskan pada peserta didik bermasalah tetap melakukan kontrol dengan memantau setiap aktivitas anak, orang tua juga memberikan dukungan kepada anak untuk lebih baik dalam perilaku dengan penerapan disiplin waktu saat berangkat dan pulang sekolah, bermain, ibadah, belajar, serta orang tua juga membangun komunikasi bersama anak dengan memberikan kehangatan seperti lebih dekat dan meluangkan waktu bersama anak dalam dan di luar rumah. (2) bimbingan guru PPKn dalam upaya perlindungan anak yang difokuskan pada peserta didik bermasalah tetap memberikan melalui bimbingan pribadi dalam aspek intelektual dengan memberikan pengetahuan contoh yang nyata dalam kehidupan sehari-hari dan aspek afektif dengan memberikan arahan, masukan terhadap perilaku, serta aspek psikomotorik memberikan pilihan dalam bersikap, belajar, serta memilih hal baik pada diri peserta didik. Guru PPKn memberikan bimbingan sosial dalam kehidupan keluarga, sekolah, masyarakat, berkerja sama dan berinteraksi dengan teman sebaya, orang dewasa, dan peserta didik yang lebih muda dengan saling menghargai dan menghormati. (3) relasi dimensi pola asuh orang tua dan bimbingan guru PPKn dalam upaya perlindungan anak yang difokuskan pada peserta didik bermasalah dapat dilihat pada bimbingan sosial dimana guru PPKn dan orang tua peserta didik melakukan komunikasi kelompok seperti mengambarkan orang tua mengenai masalah-masalah yang dihadapi oleh anak di kelas dan di sekolah melalui media telepon/sms dalam memberikan infromasi terhadap setiap perilaku anak di rumah dan sekolah. Orang tua dan guru PPKn menciptakan kenyamanan dalam berkomunikasi, rasa empati terhadap sikap saling mendukung sehingga timbul rasa positif dengan menyesuaikan cara pandang lawan berbicara, menyesuaikan kalimat yang disampaikan, terhindar dari konflik emosional dengan tetap dilakukan interaksi komunikasi intense, sehingga menghasilkan solusi yang bertujuan dalam upaya perlindungan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Relasi, Pola Asuh, Orang Tua, Guru PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:38
Last Modified: 06 Aug 2021 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23042

Actions (login required)

View Item View Item