PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DIAN, KIRANA DEWI (2021) PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN KIRANA DEWI (E1E216041) FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN 2 Rumak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 2 Rumak, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 2 Rumak sebagai kelas control dan kelas IV SDN 2 Rumak sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. tes yang digunakan dalam penelitian ini berfungsi untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman yang dimiliki oleh peserta didik pada sampel yang telah ditentukan, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai jumlah siswa dan daftar nama siswa kelas IV yang ada di SDN 2 Rumak. Data kemampuan membaca pemahaman peserta didik berupa pretest dan posstest kemudian di analisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov smirnov, kemudian di uji homogenitas dengan f varian. Untuk penentuan uji hipotesis dapat dilakukan dengan membandingkan nilai thitung 4,787 dengan ttabel 2.018 dimana nilai thitung ≥ ttabel atau dengan melihat nilai Sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05 pada taraf signifikansi 5% dengan df 42 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulannya bahwa ada pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman peserta didik kelas IV SDN 2 Rumak tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Metode SQ3R, Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:38
Last Modified: 06 Aug 2021 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23043

Actions (login required)

View Item View Item