PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 01 KECAMATAN BRANG REA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

AMINAH, AMINAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 01 KECAMATAN BRANG REA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AMINAH .doc (E1E216015).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Brang Rea Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Brang Rea, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kejawat sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Sapugara sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah uji-t dengan menggunakan rumus t-test polled varian dengan kriteria pengujian yaitu jika thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% . Hasil uji-t dari Post- test pemahaman konsep IPA diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,665 > 2,021 pada taraf signifikan 5% % dengan derajat kebebasan (df) = 22 + 20 – 2 = 40 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel , maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay terhadap pemahaman konsep IPA kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Brang Rea tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model pembelajaran Course Review Horay, Pemahaman Konsep, IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:38
Last Modified: 06 Aug 2021 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23044

Actions (login required)

View Item View Item