AMINAH, AMINAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 01 KECAMATAN BRANG REA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI AMINAH .doc (E1E216015).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Brang Rea Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Brang Rea, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kejawat sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Sapugara sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah uji-t dengan menggunakan rumus t-test polled varian dengan kriteria pengujian yaitu jika thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% . Hasil uji-t dari Post- test pemahaman konsep IPA diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,665 > 2,021 pada taraf signifikan 5% % dengan derajat kebebasan (df) = 22 + 20 – 2 = 40 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel , maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay terhadap pemahaman konsep IPA kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Brang Rea tahun pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci : Model pembelajaran Course Review Horay, Pemahaman Konsep, IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 06 Aug 2021 07:38 |
Last Modified: | 06 Aug 2021 07:38 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23044 |
Actions (login required)
View Item |