STRATEGI PEDAGANG KAKI LIMA MEMANFAATKAN MODAL SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (Kasus Taman Udayana Kota Mataram)

PUTRA, MARLAMBANG (2021) STRATEGI PEDAGANG KAKI LIMA MEMANFAATKAN MODAL SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (Kasus Taman Udayana Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sektor informal sebagai salah satu kegiatan ekonomi yang sedang berkembang salah satu komunitasnya yaitu Pedagang Kaki Lima. Pada Pedagang Kaki Lima memilik sistem pengolahan yang sangat sederhana, dengan modal kecil dan minim pendidikan agar tercapai perkembangan dan keberhasilan usaha harus dapat menentukan strategi dalam usaha. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripskan strategi pemanfaatan modal sosial Pedagang Kaki Lima di Taman Udayana dalam hal meningkatkan pendapatan. Penelitian yang digunakan penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dengan teori tindakan sosial berupa analisis tindakan rasional instrumental yang melahirkan modal sosial. Penelitian ini berlokasi di Udayana Mataram. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis tentang strategi pemanfaatan modal sosial Pedagang dalam meningkatkan pendapatan mereka menunjukan bahwa, nilai dan norma yang diterapkan oleh Pedagang Kaki Lima di Udayana yaitu nilai kebersamaan, kejujuran, dan sopan santun dalam melayani pembeli yang dapat mempertahankan pelanggan, serta menggunakan kepercayaan yang merupakan hal penting dalam suatu hubungan sosial, karena kesadaran dalam membangun kepercayaan tidak dititik beratkan kesetiap individu saja, namun kesetiap individu yang lainnya yang ikut terlibat didalamnya, sedangkan jaringan sosial yang ada pada Pedagang Kaki Lima dengan meningkatkan rasa kebersamaan, kerjasama dan solidaritas, maka mereka membuat suatu komunitas atau organisasi atau forum Pedagang Kaki Lima yang ada di Udayana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pedagang Kaki Lima, Modal Sosial, Strategi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:38
Last Modified: 06 Aug 2021 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23045

Actions (login required)

View Item View Item