PENGARUH BEBERAPA KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH GIBBERELLIN TERHADAP PERKECAMBAHAN EMPAT VARIETAS TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor L. Moench)

WARIDATUL, FAOZI (2021) PENGARUH BEBERAPA KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH GIBBERELLIN TERHADAP PERKECAMBAHAN EMPAT VARIETAS TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor L. Moench). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WARIDATUL FAOZI-C1M014218.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa konsentrasi zat pengatur tumbuh gibberellin (GA3) terhadap perkecambahan benih empat varietas tanaman sorgum. Penelitian dilaksanakan di Labolatorium Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Universitas Mataram, pada bulan Oktober-November 2020, disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan dua faktor perlakuan. Faktor pertama: varietas sorgum terdiri dari empat taraf yaitu: Numbu, Bioguma, Samurai dan Super Agritan. Faktor ke dua: lima konsentrasi GA3 terdiri dari lima taraf yaitu: kontrol, 25 ppm, 50 ppm, 75 ppm, dan 100 ppm, dengan tiga ulangan. Data pengamatan dianalisis dengan analisis sidik ragam taraf 5%. Parameter yang signifikan diuji lanjut dengan BNJ taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan interaksi antara faktor varietas dan konsentrasi GA3 berpengaruh terhadap kecepatan berkecambah, laju perkecambahan, persentase kecambah normal, persentase kecambah abnormal, panjang tunas dan berat kering akar. Varietas Super Agritan dan Bioguma memberikan tingkat kecepatan berkecambah, laju kecepatan berkecambah, dan presentase kecambah normal yang lebih tinggi dibandingkan varietas Numbu dan Samurai pada GA3 75 dan 100 ppm. Presentase kecambah abnormal tertinggi pada varietas Samurai tanpa GA3. Perlakuan GA3 memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan tanpa GA3 pada parameter kecepatan berkecambah, laju perkecambahan, persentase kecambah normal, panjang akar, panjang tunas, dan berat kering akar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: gibberellin, perkecambahan, varietas, sorgum
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:37
Last Modified: 06 Aug 2021 07:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23051

Actions (login required)

View Item View Item