INISIASI RESOLUSI PERLINDUNGAN PELAUT SEBAGAI UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENGATASI TINGGINYA KASUS MODERN SLAVERY

IFTITAHURRIZKY, IFTITAHURRIZKY (2021) INISIASI RESOLUSI PERLINDUNGAN PELAUT SEBAGAI UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENGATASI TINGGINYA KASUS MODERN SLAVERY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Iftitahurrizky.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan motivasi, alasan Pemerintah Indonesia melatar belakangi diajukanya upaya Inisiasi Resolusi Perlindungan Pelaut serta bagaimana resolusi tersebut berhasil mempengaruhi komunitas internasional untuk menyetujuinya. Indonesia merupakan negara terbesar ketiga di Dunia sebagai pengirim Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di kapal asing, dimana kondisi para ABK Indonesia mengalami tindakan modern slavery, praktik eksploitatif, diperparah dengan situasi pandemi COVID-19. Kondisi ini mengakibatkan ABK Indonesia di kapal asing semakin memburuk. Pemerintah Indonesia mengajukan upaya Resolusi Perlindungan Pelaut dalam sidang Majelis Umum PBB Tahun 2020, berhasil disepakati serta diadopsi oleh negara-negara sebagai norm setting. Pengajuan resolusi ini tidak terlepas dari identitas dan peran Indonesia sebagai negara maritim, serta adanya international norm, untuk memperkuat visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia (PMD) sekaligus sebagai strategi dalam penguatan perlindungan WNI di luar negeri. Penelitian ini akan menjabarkan bagaimana identitas dan norma dapat mempengaruhi kebijakan dalam hal ini Resolusi Perlindungan Pelaut, mulai dari motivasi pengajuan sampai disetujui dan diadopsi oleh komunitas internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Resolusi Perlindungan Pelaut, Modern Slavery, Anak Buah Kapal, Poros Maritim Dunia, Identitas, Norma.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:07
Last Modified: 09 Aug 2021 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23056

Actions (login required)

View Item View Item