PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK DENGAN DOSIS YANG BERBEDA PADA MEDIA BUDIDAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

IMAM, EKA APRIYAN (2021) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK DENGAN DOSIS YANG BERBEDA PADA MEDIA BUDIDAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IMAM EKA A. (C1K016043).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan nila (Orechromis niloticus) merupakan salah satu jenis biota air tawar yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengevaluasi pengaruh penambahan probiotik EM4 ke media budidaya ikan nila terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan nila dan Untuk memilih dosis terbaik penambahan probiotik EM4 ke media budidaya terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan nila Ikan nila yang digunakan dalam penelitian ini berukuran 4-5 cm dan penelitian dilakukan dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan sehingga diperoleh 12 unit percobaan, perlakuan tersebut adalah sebagai berikut: P1 = Tanpa Penambahan Probiotik (Kontrol), P2 = Penambahan Probiotik 0.5 ml/l air, P3 = Penambahan Probiotik 1.5 ml/l air dan P4 = Penambahan Probiotik 2.5 ml/l air. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dihitung menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) pada selang kepercayaan 95% kemudian jika ditemukan pengaruh yang signifikan makan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan probiotik EM4 pada media budidaya ikan nila dapat mempengaruhi pertumbuhan bobot mutlak , SGR, FCR dan Survival Rate ikan nila. Penambahan probiotik pada perlakuan P3 (Penambahan Probiotik 1.5 ml/l air) memberikan pengaruh yang paling baik dalam meningkatkan pertumbuhan dan kelulushidupan ikan nila (Orechromis niloticus).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ikan Nila, Pertumbuhan, Probiotik.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:07
Last Modified: 09 Aug 2021 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23062

Actions (login required)

View Item View Item