POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA PENGOROK DAUN (Liriomyza sp) PADA TANAMAN KENTANG YANG DIPERLAKUKAN BEBERAPA KONSENTRASI INSEKTISIDA NABATI LIMBAH BATANG TEMBAKAU VIRGINIA

Wiwik, Fitriani (2021) POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA PENGOROK DAUN (Liriomyza sp) PADA TANAMAN KENTANG YANG DIPERLAKUKAN BEBERAPA KONSENTRASI INSEKTISIDA NABATI LIMBAH BATANG TEMBAKAU VIRGINIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WIWIK (C1M017140).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan populasi dan intensitas kerusakan pada tanaman Kentang yang disebabkan hama Liriomyza sp. yang diperlakukan beberapa konsentrasi Insektisida nabati limbah batang Tembakau Virginia. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agutus sampai dengan November 2020 di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan percobaan di lapangan. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan, P0 (kontrol), P1 (abamektin), P2 (insektisida nabati limbah batang tembakau Virginia 2 ml/l), P3 (insektisida nabati limbah batang tembakau Virginia 4 ml/l), P4 (insektisida nabati limbah batang tembakau Virginia 6 ml/l), P5 (insektisida nabati limbah batang tembakau Virginia 8 ml/l). Setiap perlakuan di ulang sebanyak 3 kali sehingga didapatkan 18 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Insektsida nabati limbah batang tembakau Virginia konsentrasi 6,0 ml/l dan 8,0 serta insektisda kimia (abamektin) 0,5 ml/l memberikan pengaruh yang berbeda nyata dalam mengndalikan populasi imago Liriomyza sp, namun belum mampu mengendalikan larva dan intensitas kerusakan tanaman kentang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Tanaman Kentang, Liriomyza sp., Insektisida Nabati Ekstrak Batang Tembakau Virginia
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:07
Last Modified: 09 Aug 2021 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23063

Actions (login required)

View Item View Item