SITI, LAAMIAH (2021) PENGARUH METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN GUGUS IV PRAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI SITI LAAMIAH E1E016138.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru kelas V di SDN Gugus IV Praya dalam proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru sebagai pemberi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Gugus IV Praya tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SDN Gugus IV Praya yang berjumlah 131 peserta didik. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik purposive sampling dengan jumlah sampel 42 peserta didik. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogrov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas selanjutnya menguji hipotesis penelitian. Kemudian data hasil belajar dianalisis dengan uji-t untuk megetahui hipotesis penelitian, hasil analisis data didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,013 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian jika nilai sig. 2 tailed < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Gugus IV Praya tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci : Metode Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 02:07 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 02:07 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23064 |
Actions (login required)
View Item |