PENGARUH MEDIA KOMIK IMAJINASI TANPA TEKS TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS III SDN GUGUS 03 SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

RANI, YULIANDARI (2021) PENGARUH MEDIA KOMIK IMAJINASI TANPA TEKS TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS III SDN GUGUS 03 SANDUBAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rani Yuliandari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kondisi dimana siswa mengalami kesulitan dan tidak percaya diri dalam bercerita. Siswa kurang menikmati alur cerita dan tidak menguasai cerita yang telah dibaca serta tidak dapat menyampaikan kembali isi cerita. Siswa merasa kesulitan memahami isi cerita disebabkan karena media cerita erupa teks tidak disertai gambar. Siswa menjadi cepat bosan, sehingga siswa kurang tertarik terhadap bercerita. Kebanyakan siswa juga masih bergantung pada buku sehingga merasa kesulitan mengungkapkan dengan kata-kata sendiri. Sehingga diperlukannya media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa agar berpikir kreatif yaitu salah satu solusinya adalah menggunakkan media komik imajinasi tanpa teks. Dengan demikian dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media komik imajinasi tanpa teks terhadap keterampilan bercerita siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian dilakukan di SDN Gugus 03 Sandubaya pada kelas III. Sampel penelitian berjumlah 55 Siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample Test, One-Way Anova serta Test of Between dengan perhitungan SPSS 16 for windows menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2 tailed sebesar 0.029 ≤ 0.05 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehinnga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara media komik imajinasi tanpa teks terhadap keterampilan bercerita siswa kelas III SDN Gugus 03 Sandubaya Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Komik Imajinasi Tanpa Teks, Keterampilan Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:08
Last Modified: 09 Aug 2021 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23065

Actions (login required)

View Item View Item