PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM DAN BIOFERTILIZER EXTRAGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HAS IL WORTEL (Da u c u s c a r o t a L. ) DI DATARAN RENDAH

Ananda, Rahman Ajr (2021) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM DAN BIOFERTILIZER EXTRAGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HAS IL WORTEL (Da u c u s c a r o t a L. ) DI DATARAN RENDAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M014016-ANANDA RAHMAN AJR SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang ayam dan biofertilizer extragen terhadap pertumbuhan dan hasil wortel di dataran rendah. Menggunakan polybag sejak bulan Juni 2020 sampai dengan September 2020 di Desa Jurang Jaler, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri atas 2 faktor yaitu: faktor pertama dosis pupuk kandang ayam yang terdiri atas 4 aras yaitu 0 ton/ha, 10 ton/ha, 20 ton/ha, dan 30 ton/ha, dan faktor ke dua adalah konsentrasi biofertilizer extragen terdiri atas 4 aras, yaitu 0 ml/L, 2 ml/L, 4 ml/L, dan 6 ml/L . Kombinasi kedua faktor yang digunakan diperoleh 16 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali, sehingga didapatkan 64 unit percobaan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman pada taraf nyata 5%. Hasil percobaan menunjukkan interaksi antara dosis pupuk kandang ayam dan konsentrasi biofertilizer extragen terhadap parameter panjang umbi. Pada perlakuan dosis pupuk kandang ayam tidak berpengaruh terhadap semua paramaeter yang diuji sedangkan perlakuan konsentrasi biofertilizer berpengaruh terhadap semua parameter panjang umbi dan volume umbi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Wortel, dosis, konsentrasi, pupuk kandang ayam, biofertilizer Extragen
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:15
Last Modified: 09 Aug 2021 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23076

Actions (login required)

View Item View Item