PENGARUH KOMPOSISI FILTER TERHADAP KUALITAS AIR DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum) DENGAN SISTEM RESIRKULASI

NURHARIATI, NURHARIATI (2021) PENGARUH KOMPOSISI FILTER TERHADAP KUALITAS AIR DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum) DENGAN SISTEM RESIRKULASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NURHARIATI_C1K016071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan bawal air tawar (Collosoma macropomum) merupakan salah satu komoditas perikanan yang bernilai ekonomis cukup tinggi. sistem resirkulasi merupakan sistem budidaya yang dapat menghemat air karena dapat memanfaatkan ulang air yang sudah digunakan melewati sebuah filter. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa penggunaan komposisi filter terhadap kualitas air dan pertumbuhan benih ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum) dengan sistem resirkulasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh komposisi filter memberikan hasil yang signifikan taraf 5% terhadap pertumbuhan benih ikan bawal air tawar (colossoma macropomum). Komposisi bahan filter pada sistem resirkulasi untuk budidaya ikan bawal air tawar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan berat mutlak, panjang mutlak, berat spesifik, panjang spesifik, tingkat kelangsungan hidup dan kualitas air dan penggunaan bahan filter dari silika, arang aktif, dan zeolit memberikan pengaruh signifikan dibandingkan dengan perlakuan control (tanpa penambahan bahan filter).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ikan bawal air tawar, sistem resirkulasi, dan filter.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:16
Last Modified: 09 Aug 2021 07:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23081

Actions (login required)

View Item View Item