PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA KARTU KALIMAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 29 DOMPU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NURUL, FAHMIATI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA KARTU KALIMAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 29 DOMPU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NURUL FAHMIATI_E1E216140.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media kartu kalimat terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SDN 29 Dompu tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 29 Dompu tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 37 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Teknik sampling penelitian ini adalah teknik sampel jenuh dengan sampel kelas IV SDN 29 Dompu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes keterampilan menulis siswa menggunakan rubrik penilaian (pretest-posttest). Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan rumus t-test polled varians. Uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menghasilkan sedangkan , dengan kata lain, . Berdasarkan kriteria pengujian yakni jika maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media kartu kalimat terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SDN 29 Dompu tahun pelajaran 2020/2021. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media kartu kalimat dapat diterapkan di siswa SD kelas IV untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Concept sentence, Keterampilan menulis teks deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:16
Last Modified: 09 Aug 2021 07:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23083

Actions (login required)

View Item View Item