PENGARUH UMUR PANEN TERHADAP PRODUKSI DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN ANGGUR LAUT (Caulerpa racemosa) DENGAN MEDIA TANAM RIGID QUADRANT NETS BAMBU

Hasdinar, Firda (2021) PENGARUH UMUR PANEN TERHADAP PRODUKSI DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN ANGGUR LAUT (Caulerpa racemosa) DENGAN MEDIA TANAM RIGID QUADRANT NETS BAMBU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKripsi Hasdinar Firda C1K017036 baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Anggur laut Caulerpa racemosa merupakan salah satu jenis rumput laut yang memiliki prospek cerah untuk diproduksi dan dikembangkan, karena memiliki keunggulan dapat menghasilkan metabolit sekunder, memiliki keunggulan dibidang farmasi seperti aktivitas antioksidan, anti koagulan, anti mutagenik, anti bakteri, anti kanker, dan aktivitas anti tumor. Namun, mutu produksi dan kandungan bahan aktif pada tanaman salah satunya dipengaruhi oleh umur panen, agar tidak terjadi penurunan mutu dan kandungan bahan aktif tetap terjaga, diperlukan upaya untuk dapat menghambat kerusakannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pada umur panen berapakah anggur laut dapat menghasilkan mutu produksi yang tinggi dan aktivitas antioksidan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Terdapat 5 perlakuan, P1 anggur laut dipanen pada umur 20 hari, P2 anggur laut dipanen pada umur 25 hari, P3 anggur laut dipanen pada umur 30 hari, P4 anggur laut dipanen pada umur 35 hari dan P5 anggur laut dipanen pada umur 40 hari,dilakukan 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur panen anggur laut Caulerpa racemossa yang berbeda dan dibudidayakan menggunakan media tanam rigid quadrant nets berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan mutlak, namun tidak berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan spesifik dan tidak berpengaruh nyata terhadap kadar antioksidan, untuk memperoleh kadar antioksidan, pertumbuhan bobot mutlak dan laju pertumbuhan spesifik yang optimal dalam budidaya anggur laut Caulerpa racemossa, digunakan umur panen 30-40 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Anggur Laut, Antioksidan, Rigid Quadrant Nets, Produksi, Umur Panen
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:16
Last Modified: 09 Aug 2021 07:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23084

Actions (login required)

View Item View Item