HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKUNGAN DENGAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNRAM

SIRTU, FILAILI SARI (2021) HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKUNGAN DENGAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNRAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SIRTU FILAILI SARI_E1A016068_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman konsep lingkungan dengan karakter peduli lingkungan mahasiswa program studi S1 Pendidikan Biologi. Jenis penelitian termasuk penelitian korelasional dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari populasi 490 dengan sampel 120 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pemahaman konsep lingkungan dan instrumen karakter peduli lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi antara pemahaman konsep lingkungan dengan karakter peduli lingkungan mahasiswa (r) adalah 0,601, dan nilai koefisien determinasi (r 2 ) adalah 0,3612. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman konsep lingkungan dengan karakter peduli lingkungan pada mahasiswa program studi Pendidikan Sarjana Pendidikan Biologi. Kontribusi pemahaman lingkungan terhadap karakter peduli lingkungan adalah 36,12%, dan sisanya 63,88% di luar faktor pemahaman konsep lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pemahaman Konsep Lingkungan, Pendidikan Karkater, Karakter Peduli Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2021 01:37
Last Modified: 10 Aug 2021 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23118

Actions (login required)

View Item View Item