KEBIJAKAN PEMERINTAH THAILAND DALAM PENANGANAN KASUS HUMAN TRAFFICKING DI SEKTOR INDUSTRI PERIKANAN THAILAND

GRACE, MARY SUMINTO (2021) KEBIJAKAN PEMERINTAH THAILAND DALAM PENANGANAN KASUS HUMAN TRAFFICKING DI SEKTOR INDUSTRI PERIKANAN THAILAND. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Thailand merupakan salah satu negara yang menghadapi masalah kejahatan teroragnisir lintas negara yang kompleks dimana sektor industri perikanannya menjadi tempat praktik tindak kejahatan perdagangan manusia. Kurangnya tenaga kerja di sektor industri perikanan akibat keengganan penduduk lokal untuk bekerja di industri tersebut dikarenakan kondisi dan lingkungan kerja yang kurang layak melatar belakangi masalah tersebut. Situasi ini kemudian dijadikan sebagai peluang oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menipu migran-migran dari negara sekitar Thailand yang ingin mencari pekerjaan lebih baik di Thailand untuk kemudian diperdagangkan sebagai pekerja paksa. Pemerintah Thailand pun mengambil sejumlah kebijakan seperti revisi dan amandemen hukum, restrukturisasi armada, pemantauan kapal dan pelabuhan, hingga kerjasama secara internasional. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai kebijakan apa saja yang telah diambil oleh pemerintah Thailand dalam upaya penanganan kasus perdagangan manusia di sektor industri perikanan. Permasalahan tersebut kemudian dianalisis menggunakan konsep perdagangan manusia sebagai indikator dan alat identifikasi. Untuk menganalisis kebijakan yang diambil oleh pemerintah Thailand, digunakan konsep keamanan untuk mengetahui apakah kebijakan yang diambil sudah cukup dalam segi personal security. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif disertai dengan metode pengumpulan data secara studi pustaka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: keamanan manusia, kejahatan terorganisir lintas negara, perdagangan manusia, sektor industri perikanan Thailand.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2021 01:48
Last Modified: 12 Aug 2021 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23179

Actions (login required)

View Item View Item