PENGARUH PERLAKUAN PUPUK DAUN BIO- ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM

Hibatunnur, Hibatunnur (2021) PENGARUH PERLAKUAN PUPUK DAUN BIO- ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_HIBATUNNUR_C1M017047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu upaya untuk mengatasi kenaikan harga cabai rawit (Capsicum frutescents L.) di musim hujan adalah dengan melakukan budidaya di luar musim dengan pemanfaatan lahan kering untuk mengurangi kelimpahan air. Pemanfaatan pupuk daun bio-organik Pomi dan pemilihan varietas yang baik diduga dapat meningkatkan produktivitas cabai rawit di musim hujan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh perlakuan pupuk daun bio-organik Pomi terhadap pertumbuhan dan hasil dua varietas tanaman cabai rawit yang ditanam di luar musim. Percobaan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 hingga Maret 2021 di Desa Gumantar, Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor dan tiga ulangan. Faktor-faktor yang diuji adalah frekuensi pemberian Pomi dengan tiga aras ( tanpa Pomi, 7 hari sekali dan 14 hari sekali) dan varietas dengan dua aras ( Dewata 43 & Taruna). Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi antara frekuensi pemberian Pomi dengan varietas pada variabel jumlah bunga, persentase bunga gugur, jumlah dan bobot buah per tanaman serta bobot buah per petak. Varietas Dewata 43 dengan pemberian Pomi 7 hari sekali menunjukkan jumlah daun, cabang produktif, jumlah bunga dan jumlah buah yang lebih banyak dibandingkan dengan varietas Taruna. Sedangkan pada tinggi tanaman dan diameter batang, varietas Taruna menunjukkan nilai yang lebih tinggi pada pemberian Pomi 7 hari sekali. Untuk meningkatkan hasil cabai di luar musim yang ditanam pada lahan kering, disarankan untuk menanam varietas Dewata dengan pemberian Pomi 7 hari sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Bunga, buah, frekuensi, gugur bunga, hujan, lahan kering
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:35
Last Modified: 12 Aug 2021 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23180

Actions (login required)

View Item View Item