PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK

MIA REXA LIANI, BQ. (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Bq. Mia Rexa Liani (E1Q016011).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik dan kelayakan dari perangkat pembelajaran fisika berbasis pendekatakan konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan desain model pengembangan berbasis 4D, akan tetapi karena pandemi maka penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Tahapan tersebut dimulai dari tahap Define, Desain, dan Develop. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen tes. Perangkat pembelajaran yang di kembangkan memiliki karakteristik-karakteristik seperti sesuai dengan pendekatan konflik kognitif, sesuai dengan indikator kemampuan argumentasi ilmiah, serta menggunakan media dan alat yang mudah didapatkan oleh peserta didik sehingga bisa digunakan secara daring atau luring. Hasil penelitian kelayakan perangkat pembelajaran didapatkan dari penilaian angket validasi oleh validator dosen fisika dan guru fisika. Penilaian angket validasi tersebut menghasilkan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif menghasilkan saran dan masukan yang dijadikan acuan untuk memperbaiki perangakat pembelajaran yang dikembangkan, sedangkan data kuantitatif diolah untuk mendapatkan nilai validitas dan reliabilitas. Berdasarkan data kuantitatif hasil validasi oleh dosen menunjukkan bahwa silabus, RPP, dan LKPD berada pada ketegori sangat valid dan untuk instrumen tes menunjukkan kategori valid. Sedangkan untuk hasil validasi guru menunjukkan bahwa semua perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid. Pengolahan data untuk reliabilitas menggunakan Percentage Agreement (PA), dengan nilai reliabilitas dari semua perangkat pembelajaran baik yang divalidasi oleh dosen atau guru menunjukkan kategori reliabel karena memiliki nilai lebih dari 75%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Konflik Kognitif, Argumentasi ilmiah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2021 05:53
Last Modified: 12 Aug 2021 05:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23185

Actions (login required)

View Item View Item