PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MI HAMZANWADI I PANCOR

TASNIM, TASNIM (2021) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MI HAMZANWADI I PANCOR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS Tasnim I2K017023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Supervisi adalah serangkaian kegiatan untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Hamzanwadi I Pancor yang meliputi: perencanaan supervisi akademi; pelaksanaan supervisi akademik; evaluasi supervisi akademi;. tindaklanjut supervisi akademik. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala madrasah dan guru-guru. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: Perencanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Hamzanwadi I Pancor menghasilkan: perencanaan supervisi akademik dilakukan secara rutin setiap tahun bersamaan dengan penyusunan program tahunan madrasah; program supervisi akademik disosialisasikan kepada guru-guru; menyepakati aspek-aspek yang akan disupervisi. Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Hamzanwadi I Pancor, menggunakan pendekatan kolaboratif yaitu secara langsung dan secara tidak langsung. Teknik-teknik supervisi akademik yang digunakan adalah teknik individual dan teknik kelompok. Pelaksanaan supervisi akdemik juga mengguakan model/strategi lesson study. Pelaksanaan supervisi akademik dilengkapi dengan instrumen supervisi. Evaluasi supervisi akademik oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Hamzanwadi I Pancor, dilakukan setelah selesai pelaksanaan supervisi akademik dengan cara memanggil guru secara perorangan dan diberi bimbingan sesuai hasil temuan pada saat pelaksanaan supervisi selain itu dilakukan pembinaan secara berkelompok apabila ditemukan masalah yang sama. Tindak lanjut supervisi akademik oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Hamzanwadi I Pancor, kepala madrasah berdiskusi dengan guru-guru dan diberi masukan, pembinaan dan meberikan penguatan. Guru yang mempunyai kelemahan dalam menyusun perangkat pembelajaran dikirim untuk mengikuti pelatihan sedangkan guru yang sudah baik diberi pengayaan dan dijadikan istruktur dalam kelompok kerja guru ( KKG ).

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: supervisi akademik, profesionalisme guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:47
Last Modified: 12 Aug 2021 23:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23189

Actions (login required)

View Item View Item