KARAKTERISTIK CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) KERING SELAMA PENYIMPANAN MENGGUNAKAN KEMASAN POLYPROPYLENE DAN POLYETHYLENE

PUTRI, DAMAYANTI (2021) KARAKTERISTIK CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) KERING SELAMA PENYIMPANAN MENGGUNAKAN KEMASAN POLYPROPYLENE DAN POLYETHYLENE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Proposal Penelitian_Putri Damayanti_J1B017063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

Pengeringan cabai rawit kering merupakan salah satu cara untuk memperpanjang umur simpannya. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui karakteristik dan pengaruh penggunaan kemasan polypropylene (PP) dan polyethylene (PE) selama penyimpanan cabai rawit (Capsicum Frutescens L.) kering. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang dilakukan dengan cara menyimpan cabai rawit kering di dalam kemasan PP dan PE pada suhu ruangan 29-30°C selama 60 hari. Parameter yang diamati adalah kadar air, susut bobot dan kromasitas warna cabai rawit kering. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar air terendah cabai rawit kering yaitu pada perlakuan menggunakan kemasan PP sebesar 8,38% dan kadar air tertinggi yaitu pada perlakuan menggunakan kemasan PE sebesar 9,12%. Susut bobot terendah diakhir penyimpanan yaitu dikemas PP dengan nilai sebesar 0,06% dan susut bobot tertinggi yaitu pada penyimpanan dengan dikemas PE dengan nilai sebesar 0,07%. Warna cabai kering memiliki nilai cenderung konstan dan semakin lama waktu penyimpanan yang dilakukan maka nilai warna akan semakin menurun pada setiap perlakuan baik yang dikemas PP maupun dikemas PE.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: karakteristik, cabai rawit, penyimpanan, kadar air
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:47
Last Modified: 12 Aug 2021 23:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23190

Actions (login required)

View Item View Item