i IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA PADA MASA PANDEMI DI SMA DARUN NAJIHIN NW BAGIK NYALA TAHUN AJARAN 2020/2021

Himayatul, Izzati (2021) i IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA PADA MASA PANDEMI DI SMA DARUN NAJIHIN NW BAGIK NYALA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HIMAYATUL IZZATI [E1M016027].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran kimia pada masa pandemi di SMA Darun Najihin NW Bagik Nyala. Adapun jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian sebanyak 88 orang siswa dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung berupa angket penelitian yang terdiri atas 35 item pernyataan . Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata tiap indikator yang teridentifikasi menyebabkan kesulitan belajar kimia secara daring dimasa pandemi diantaranya dari faktor internal yaitu, indikator sikap terhadap proses pembelajaran daring sebesar 57% (kategori sedang), kesiapan mengikuti pelajaran secara daring sebesar 66% (kategori sulit), motivasi sebesar 67% (kategori sulit), minat sebesar 66% (kategori sulit), kesehatan sebesar 60% (kategori sedang), sedangkan faktor eksternal yaitu, indikator keluarga sebesar 67% (kategori sulit), fasilitas sebesar 71% (kategori sulit), dan masyarakat sebesar 57% (kategori sedang). Dengan demikian kesulitan-kesulitan yang dihadapi pada saat pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring dominan disebabkan oleh fasilitas (Jaringan dan paket internet) dan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesulitan belajar daring, Identifikasi, pembelajaran kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:47
Last Modified: 12 Aug 2021 23:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23198

Actions (login required)

View Item View Item