IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS TEACHING FACTORY DI SMK NEGERI 4 MATARAM

Fiqrul, Islami (2021) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS TEACHING FACTORY DI SMK NEGERI 4 MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
artikel 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
artikel 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
bab i-v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
daftar isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi pengembangan manajemen pembelajaran teaching factory di Sekolah Menengah Kejuruan 4 Mataram Kompetensi Keahlian Tata Boga dalam mendukung peningkatan pengelolaan berbasis industri yang meliputi perencanaan, dan pemenuhan persiapan pelaksanaan: (2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen pembelajaran teaching factory di Sekolah Menengah Kejuruan 4 Mataram Kompetensi Tata Boga dalam mendukung peningkatan pengelolaan berbasis industri. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Mataram di Kompetensi Keahlian Tata Boga. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif metode deskriptif melalui studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) implementasi pengembangan manajemen dalam hal perencanaan teaching factory secara umum secara umum sudah dilakukan dengan efektif walaupun ada beberapa perencanaan yang perlu untuk dikembangkan. (2) a. faktor pendukung; (a) terjalinya kemitraan dengan baik bersama IDUKA, Asosiasi Profesi, LSP P-1; (b) kurikulum memenuhi SKKNI-KKNI dan berbasis kearifan lokal: (c) materi job sheet sudah berada pada level 5 - TEFA, (d) pembelajaran sistem rotasi (e) pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) peserta didik semakin bertambah menjadi 6 (enam) bulan, dan b.faktor penghambat: (a) ketersediaan guru kompetensi keahalian tata boga masih kurang: (b) jadwal pembelajaran masih konvensional; (c) belum maksimalnya dukungan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan NTB dalam bantuan UGB atau revitalisasi sarana ruang praktik yang lebih memadai; (d) belum ada MoU dengan IDUKA untuk yang menjamin lulusan untuk bekerja.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Manajemen, Kepala Sekolah, Teaching factory SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:48
Last Modified: 12 Aug 2021 23:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23199

Actions (login required)

View Item View Item