PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPS) PADA PEMBELAJARAN FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GUNUNGSARI LOMBOK BARAT SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ILFA, I’IN DZAMIATUN (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPS) PADA PEMBELAJARAN FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GUNUNGSARI LOMBOK BARAT SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa VIII SMP Negeri 3 Gunungsari tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gunungsari dengan menerapkan model pembelajran kooperatif teknik Conceptual Understanding Procedurs (CUPs) pada pembelajaran fungsi tahun pelajaran 2017/2018. Model pembelajaran kooperatif teknik CUPs atau teknik prosedur pemahaman konsep. Dalam model pembelajaran ini dilakukan dengan 3 tahap yaitu: tahap individual, tahap triplet dan tahap keseluran kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa meningkat apabila rata-rata skor aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dan minimal berkategori aktif pada siklus II, prestasi belajar dikatakan meningkat apabila rata-rata nilai meningkat dari siklus I ke siklus II serta pada siklus II ketuntasan klasikal siswa minimal 85% dan rata-rata nilai minimal 70. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa jumlah skor aktivitas siswa dalam 2 siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I dan siklus II skor aktivitas siswa berturut-turut adalah: 12,001 dan 15,167 dengan kategori pada siklus I dan II berturut-turut adalah aktif dan sangat aktif. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh rata-rata nilai hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II masing-masing: 82,75 dan 82.692 dengan persentase ketuntasan: 73,076 % dan 85,714 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar, prestasi belajar, model kooperatif teknik CUPs, fungsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Apr 2018 02:23
Last Modified: 11 Apr 2018 02:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2320

Actions (login required)

View Item View Item