Pengembangan Model Social Media Marketing dan Keputusan Berkunjung : Sebuah Pendekatan Konseptual

Athar, Handry Sudiartha (2018) Pengembangan Model Social Media Marketing dan Keputusan Berkunjung : Sebuah Pendekatan Konseptual. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), Vol. V No. 2, September 2018, 5 (2). ISSN ISSN 2355-0287 ; e-ISSN 2549-3299

[img]
Preview
Text
B13-4688-12959-3-PB.pdf

Download (500kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/...

Abstract

Studi ini berangkat dari adanya masalah pembangunan pariwisata yang semakindipandang sebagaialat pentingdalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pengembangan pariwisata tidak terlepas dari strategi pemasaran sebagai upaya pencitraan dengan membangun destinasi pariwisata yang memadai. Sosial media merupakan fenomena terbaru yang memainkan peran penting dalam pemasaran sebuah produk atau layanan sebuah perusahaan, termasuk industri jasa pariwisata. Namun, sejauh mana efektifitas sosial media sebagai strategi promosi perlu untuk dikaji lebih jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih jauh efektivitas penggunaan sosial media dari sudut pandang pelanggan atau komunitas wisatawan dan pengembangan model empirik social media marketing terhadap keputusan berkunjung. Pendekatan studi kasus dan studi pustaka harus dilakukan untuk mengungkap sejauh mana efektivitas social media marketing dalam menjaring wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung. Studi pustaka mencoba mengungkapkan inovasi-inovasi penggunaan sosial media dalam pemasaran industri pariwisata, sedangkan studi kasus berfokus pada pengaruh sosial media pada wisatawan yang berkunjung ke sebuah destinasi wisata. Temuan konseptual menunjukkan kecenderungan wisatawansaat ini mulai beralih ke media sosial untuk membantu merencanakan perjalanan mereka, sekaligus menjadi sumber inspirasi bagi calon wisatawan yang akan melakukan perjalanan wisata.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Pariwisata Berkelanjutan, Social Media Marketing, E-WOM, Citra Destinasi, Keputusan Berkunjung
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Dr Handry Sudiartha Athar,.MM
Date Deposited: 13 Aug 2021 10:12
Last Modified: 13 Aug 2021 10:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23208

Actions (login required)

View Item View Item