ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA FAKTORISASI SUKU ALJABAR PADA KELAS VIII MTS PRINGGABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

HAROMI, ASHARIL (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA FAKTORISASI SUKU ALJABAR PADA KELAS VIII MTS PRINGGABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ASHARIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan besar persentase tingkat kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs NW Pringgabaya Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan soal cerita faktorisasi suku aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs NW Pringgabaya dengan jumlah siswa sebanyak 110. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan kelas VIII B sebanyak 25 siswa sebagai sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar persentase tingkat kesalahan yang dilakukan oleh siswa sebanyak 65% pada jenis reading error, sebanyak 66% besar persentase tingkat kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada jenis comprehension errors, untuk jenis transformation errors sebanyak 72% besar persentase tingkat kesalahan yang dilakukan oleh siswa, dan sebanyak 81% besar persentase tingkat kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada jenis proses skill errors, serta sebanyak 94% besar persentase tingkat kesalahan pada jenis encoding errors. Jika ditinjau dari besar persentase tingkat kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada setiap jenis kesalahan, maka jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa tersebut berada dalam 3 kategori saja, yang pertama yaitu jenis kesalahan reading error yang dilakukan oleh siswa berada pada kategori sedang, yang kedua yaitu jenis kesalahan comprehension errors dan transformation errors yang dilakukan oleh siswa berada pada kategori tinggi, dan yang ketiga yaitu jenis kesalahan proses skill errors dan encoding errors yang dilakukan oleh siswa berada pada kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kesalahan, Soal cerita faktorisasi suku aljabar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Apr 2018 02:21
Last Modified: 11 Apr 2018 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item View Item