PERBANDINGAN TEKNIK COMPRESSION MOLDING DAN VACUUM INFUSION TERHADAP SIFAT BENDING KOMPOSIT HIBRID FIBERGLASS-SERAT BAMBU/POLYSTER TAK JENUH

Abdul, Hafiz (2021) PERBANDINGAN TEKNIK COMPRESSION MOLDING DAN VACUUM INFUSION TERHADAP SIFAT BENDING KOMPOSIT HIBRID FIBERGLASS-SERAT BAMBU/POLYSTER TAK JENUH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN_TUGAS_AKHIR_ABDUL_HAFIZ_F1C016002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Komposit merupakan kombinasi antara bahan pengikat (matriks) dengan penguat, sehingga sifat mekanik dan karakteristiknya berbeda dari bahan-bahan tersebut. Bahan penguat komposit dapat berupa serat sintetis dan serat alam. Fiberglass adalah serat sintetis yang digunakan sebagai penguat, dengan keunggulan diantaranya biaya produksi rendah, proses produksi sederhana dan kekuatan yang tinggi. Disisi lain penggunaan serat alam sebagai penguat memiliki keunggulan yaitu ramah lingkungan, jumlah yang melimpah dan dapat didaur ulang. Kedua serat tersebut memiliki keunggulan sifat mekanik dan karakteristik masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat bending komposit hybrid serat bambu dan fiberglass dengan konfigurasi yang bervariasi, dengan metode pembuatan vacuum infusion dan compression molding. Serat bambu yang digunakan berukuran 5 mm, sedangkan fiberglass yang digunakan adalah fiberglass mat berukuran 30 cm x 30 cm untuk metode vacuum infusion dan 14 cm x 30 cm untuk metode compression molding. Masing-masing fiberglass dikombinasikan dengan serat bambu dengan konfigurasi yang bervariasi sebagai penguat pada matrik polyster tak jenuh yang dicampurkan dengan CaCO3. Metode pembuatan adalah dengan menggunakan metode vacuum infusion dan compression molding. Secara umum hasil pengujian menunjukkan kekuatan bending dan modulus bending menggunakan metode compression molding lebih tinggi dibandingkan metode vacuum infusion, sedangkan defleksi saat beban puncak menggunakan metode vacuum infusion lebih tinggi dibandingkan metode compression molding. Penggunaan fiberglass dengan konfigurasi paling luar meningkatkan kekuatan bending dan modulus bending komposit, sedangkan serat bambu akan meningkatkan nilai defleksi saat beban puncak komposit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Compression molding, vacum infusion, bending komposit hibrid fibergalss
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Aug 2021 23:31
Last Modified: 19 Aug 2021 23:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23345

Actions (login required)

View Item View Item