PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA KOMPUTASI UNTUK ANALISIS SPEKTRA UV-VISIBLE SENYAWA LAWSONE PADA APLIKASI SEL SURYA TERSENSITASI ZAT WARNA

KADEK MAI SASMITA WARDANI, Ni. (2021) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM KIMIA KOMPUTASI UNTUK ANALISIS SPEKTRA UV-VISIBLE SENYAWA LAWSONE PADA APLIKASI SEL SURYA TERSENSITASI ZAT WARNA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI KADEK MAI SASMITA WARDANI-digabungkan (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan dari modul praktikum kimia komputasi untuk analisis spektra UV-Visible senyawa lawsone pada aplikasi sel surya tersensitasi zat warna. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Development, and Dissemination). Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram yang telah lulus mata kuliah kimia komputasi sebanyak 80 orang Mahasiswa. Sampel penelitian ini sebanyak 20 orang yang dipilih secara acak untuk menjadi responden dalam uji coba terbatas modul praktikum yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan nilai validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken adalah V= 0,9 dan reliabilitas sebesar R= 0,98 yang menunjukkan bahwa modul praktikum yang dikembangkan dalam kategori sangat valid untuk digunakan. Kepraktisan modul praktikum kimia komputasi yang dikembangkan dapat dilihat dari respon mahasiswa dengan rata-rata kepraktisan sebesar 91% yang masuk ke dalam kategori sangat praktis untuk digunakan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum yang dikembangkan bersifat sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan, Modul Praktikum, Kimia Komputasi, Analisis spektra UV-Visible, Sel Surya Tersensitasi Zat Warna.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Aug 2021 23:31
Last Modified: 19 Aug 2021 23:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23346

Actions (login required)

View Item View Item