PENGUKURAN WAKTU KERJA PENGGANTIAN OLI SHOCK DENGAN TsA-1 (TOOL SHOCK ABSORBER) DAN ALAT BIASA DI BENGKEL PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK-HONDA SALES OPERATION MATARAM (HSO MATARAM)

SAHRAM, SAHRAM (2021) PENGUKURAN WAKTU KERJA PENGGANTIAN OLI SHOCK DENGAN TsA-1 (TOOL SHOCK ABSORBER) DAN ALAT BIASA DI BENGKEL PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK-HONDA SALES OPERATION MATARAM (HSO MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_F1C015077_SAHRAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT.Astra Internasional Tbk – Honda Sales Operation Mataram (HSO Mataram) adalah perusahaan yang bergerak dibidang distribusi dan retail kendaraan dan sangat berpengaruh besar pada dunia otomotif dan bisnis yang dijadikan untuk mencari keuntungan, dan membuat banyak sekali bengkel cabang resmi (AHASS) yang berada di Nusa Tenggara Barat. Bengkel yang ada menjadi sebuah lapangan pekerjaan untuk sebagian masyarakat dan membantu perekonomian masyarakat. Menjadi perhatian penting mengingat para mekanik lah yang menjadi tombak utama dalam pelayanan. Dari hal tersebut maka suatu perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang mampu bekerja dengan efektif dan efisien. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bekerja dengan efektif dan efisien maka diperlukan perencanaan dan pengelolaan sumber daya manusia yang tepat untuk mendorong tercapainya visi dan misi perusahaan. Dalam perencanaan dan pengelolaan waktu perlu untuk melakukan pengukuran waktu kerja dan memperbaharui sumber daya yang ada atau perlunya suatu alat untuk mempercepat lajunya produktivitas dalam perusahaan. Salah satunya adalah dalam penggantian oli shock dan seal shock, dan dibuatkan TsA-1 (tool shock absorber) untuk mempermudah mekanik dalam bekerja dan mengetahui perbandingan waktu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, dimana waktu normal yang didapat dengan menggunakan alat biasa dalam penggantian oli shock adalah 39,38 menit dan waktu normal didapat menggunakan TsA-1 (tool shock absorber) dalam penggantian oli shock adalah 33,52 menit. jadi mekanik lebih cepat mengerjakan pekerjaannya dengan menggunakan TsA-1 (Tool shock absorber), dimana selisih waktunya adalah 5,86 menit. Waktu standar didapat dengan menggunakan alat biasa adalah 41,45 menit dan waktu standar dengan menggunakan TsA-1 (tool shock absorber) adalah 35,28 menit. mekanik dengan menggunakan alat TsA-1 (tool shock absorber) lebih cepat 6,17 menit menyelesaikan pekerjaannya dibandingkan dengan alat biasa. Dan untuk penggantian seal shock didapat waktu normal 53,36 menit dengan alat biasa, 51,70 menit dengan menggunakan TsA-1 (Tool shock absorber). Mekanik lebih cepat mengerjakan pekerjaannya 1, 66 menit menggunakan TsA-1 (Tool shock absorber). Waktu standar penggantian seal shock dengan alat biasa 56,16 menit, dan 54,42 menit dengan menggunakan TsA-1 (Tool shock absorber). Mekanik dengan menggunakan TsA-1 (tool shock absorber) lebih cepat 1,74 menit dalam menyelesaikan pekerjaannya dibandingkan dengan alat biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : pengukuran waktu kerja, efektif, efisien, shock
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Aug 2021 08:40
Last Modified: 19 Aug 2021 08:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23349

Actions (login required)

View Item View Item