Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Dasan Tereng Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun 2020

KAYATARNO, KAYATARNO (2021) Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Dasan Tereng Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat Tahun 2020. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. TESIS LENGKAP_KAYATARNO_I2K019015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Satu cara mempercepat pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah dengan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi SPMI, kendala-kendalanya, upaya-upaya mengatasi kendala, dan dampaknya pada masa pandemi Covid-19 di SDN 1 Dasan Tereng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan model Huberman & Miles yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi SPMI belum berjalan optimal dan konsisten sesuai standar yang ditetapkan; Kendalanya adalah komitmen sekolah dalam memetakan dan merencanakan mutu masih rendah, adanya larangan berkumpul dan rasa takut berlebih dengan Covid-19, kurangnya keterlibatan pengawas dalam kegiatan SPMI, tidak ada jadwal kegiatan, TAMI belum memahami tugas dan tanggung jawabnya; Upaya-upaya mengatasi kendala tersebut adalah kepala sekolah memotivasi dan menyederhanakan langkah pemetaan dan perencanaan mutu, pelatihan pemanfaatan IT, penerapan protokol kesehatan Covid-19, melibatkan pengawas dalam kegiatan SPMI, pelatihan TAMI dan memberikan kepercayaan melaksanakan audit, membuat standar baru dan penyusunan program peningkatan mutu pada tahun berikutnya; Dampak Implementasi SPMI adalah tumbuhnya kebiasaan praktik baik, nilai ujian akhir sekolah cukup, dan nilai capaian rapor mutu sekolah tahun 2020 menurun. Kesimpulannya adalah Implementasi SPMI pada masa pandemi covid 19 di SDN 1 Dasan Tereng pada tahun 2020 belum berjalan optimal dan konsisten.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: SPMI, Sekolah Model dan Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Aug 2021 08:40
Last Modified: 19 Aug 2021 08:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23350

Actions (login required)

View Item View Item