POTENSI KALSIUM KARBONAT DALAM CANGKANG KERANG MUTIARA UNTUK MEMBUAT KALSIUM OKSIDA (CaO) SEBAGAI PENJERNIH AIR TAMBAK UDANG

NADILA, RAHMAWATI (2021) POTENSI KALSIUM KARBONAT DALAM CANGKANG KERANG MUTIARA UNTUK MEMBUAT KALSIUM OKSIDA (CaO) SEBAGAI PENJERNIH AIR TAMBAK UDANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_NadilaRahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Cangkang kerang mutiara (Pinctada maxima) merupakan salah satu bahan alam dan kearifan lokal dari daerah Nusa Tenggara Barat yang memiliki kandungan sehingga dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat kalsium oksida (CaO). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi suhu terhadap karakteristik CaO seperti kadar senyawa CaO, ukuran serbuk, densitas serbuk, bulk density dan porositas yang dihasilkan, serta untuk mengetahui pengaruh variasi penambahan CaO pada air tambak udang Vannamei terhadap kualitas air seperti Salinitas, pH, Daya Hantar Listrik dan kekeruhan. Kadar CaO diuji dengan metode titrasi asama basa. Adapun karakteristik berupa densitas dengan piknometer, bulk density diuji dengan gelas ukur dan porositas diuji dengan wadah kubus dengan volume 1,5 . Pengujian kualitas air menggunakan metode koagulasi seperti Salinitas, pH, Daya Hantar Listrik diuji dengan amtest meter dan kekeruhan diuji menggunakan turbidimeter. Karakteristik serbuk CaO menunjukkan bahwa semakin tinggi suhu kalsinasi maka semakin tinggi kandungan CaO dan semakin kecil ukuran partikel CaO yang diperoleh. Densitas semakin besar dengan naiknya suhu kalsinasi sebaliknya porositas semakin rendah seiring dengan peningkatan suhu serta nilai bulk density tidak dipengaruhi oleh peningkatan suhu. Penambahan kalsium oksida (CaO) kedalam air tambak udang Vannamei mempengaruhi nilai pH yang awalnya 6,6 menjadi 8,9 dan menurunkan tingkat kekeruhan hingga 16,8 NTU serta tidak memberi perubahan signifikan terhadap Salinitas air dan daya hantar listrik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kalsium oksida, kalsinasi, kualitas air.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Aug 2021 08:40
Last Modified: 19 Aug 2021 08:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23351

Actions (login required)

View Item View Item