PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TIGA LEVEL REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XI

RABIATUL, ADAWIYAH (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TIGA LEVEL REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FINAL SKRIPSI RABIATUL ADAWIYAH .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul berbasis tiga level representasi pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI yang sudah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) model 4D. Subjek penelitian ini terdiri dari dua dosen pendidikan kimia dan satu guru kimia SMA Negeri 1 Praya Timur sebagai penguji kelayakan e-modul berbasis tiga level representasi. Sedangkan uji coba skala kecil dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 1 Praya Timur. Pengujian kelayakaan e- modul dari validator 1 diperoleh sebesar 76% (kriteria cuku valid), validator 2 diperoleh sebesar 81% (kriteria cukup valid) dan validator 3 diperoleh sebesar 75% (kriteria cukup valid), penilaian uji keefektifan dari hasil belajar siswa diperoleh sebesar 80,8% (kriteria sangat efektif), dan penilaian kepraktisan e-modul dari angket respon siswa diperoleh sebesar 94% (kriteria sangat praktis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis tiga level representasi pada materi kesetimbangan kimia untuk kelas XI yang dikembangkan layak, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada kondisi pademi Covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, e-modul berbasis tiga level representasi, kesetimbangan kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Aug 2021 00:16
Last Modified: 26 Aug 2021 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23366

Actions (login required)

View Item View Item