FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIRADIKAL BEBAS SEDIAAN GEL EKSTRAK ETANOL DAUN BIDARA (Ziziphus mauritiana Lamk.) MENGGUNAKAN METODE DPPH

MURNIYATI, MURNIYATI (2021) FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIRADIKAL BEBAS SEDIAAN GEL EKSTRAK ETANOL DAUN BIDARA (Ziziphus mauritiana Lamk.) MENGGUNAKAN METODE DPPH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1.Skripsi Fix Murniyati OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Maakh ddk (2018), ekstrak daun bidara mengandung senyawa fenolik dengan nilai IC50 sebesar 4,9379 ppm sehingga memiliki potensi sebagai antioksidan. Daun bidara dapat dikembangkan dalam bidang kosmetik salah satunya adalah sediaan gel. Tujuan penelitian ini adalah memformulasi sediaan gel ekstrak etanol daun bidara dan menguji aktivitas antiradikal bebas menggunakan metode DPPH. Daun bidara diekstraksi menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 70%. Gel dibuat dengan konsentrasi ekstrak 4%, 5% dan 6%, selanjutnya dilakukan evaluasi sifat fisik meliputi organoleptis, homogenitas, uji pH, uji daya sebar, dan uji daya lekat. Aktivitas antioksidan diuji dengan metode DPPH. Hasil menunjukkan ekstrak etanol daun bidara dapat diformulasikan menjadi sediaan gel antioksidan dengan variasi konsentrasi ekstrak 4%, 5% dan 6%, dimana sediaannya memenuhi persyaratan sifat fisik yang baik. Gel ekstrak etanol daun bidara memiliki aktivitas antioksidan yang berbeda-beda berdasarkan variasi konsentrasi ekstrak. Peningkatan konsentrasi ekstrak menyebabkan perbedaan kemampuan pelepasan zat aktif yang ditunjukkan dengan nilai IC50 yang berbeda untuk sediaan 4%, 5% dan 6% yaitu masing-masing sebesar 1679,87 ppm, 1203,63 ppm dan 998,73 ppm. Berdasarkan nilai IC50, intensitas aktivitas penghambatan radikal bebas pada sediaan gel ekstrak etanol daun bidara tergolong lemah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Aktivitas Antiradikal Bebas, Daun Bidara, Gel, dan DPPH
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2021 05:00
Last Modified: 25 Aug 2021 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23377

Actions (login required)

View Item View Item