STRATEGI PENGRAJIN GERABAH DALAM PENGEMBANGAN USAHA DI ERA PANDEMI COVID-19 DI DESA MASBAGIK TIMUR, KABUPATEN LOMBOK TIMUR, NTB

Nurlina, Nurlina (2021) STRATEGI PENGRAJIN GERABAH DALAM PENGEMBANGAN USAHA DI ERA PANDEMI COVID-19 DI DESA MASBAGIK TIMUR, KABUPATEN LOMBOK TIMUR, NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2.SKRIPSI_NURLINA_L1C017067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi pengrajin gerabah dalam pengembangan usaha di era pandemi COVID-19 di Desa Masbagik Timur, Lombok Timur, NTB. Bertujuan untuk mengetahui kondisi aktivitas ekonomi masyarakat dan mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh pengrajin dan pemerintah. Penelitian ini menggunakan teori Pierre Bourdieu tentang habitus, arena, dan modal dalam melihat penggunaan habitus, dan modal untuk bisa bersaing di arena atau dalam penelitian ini di Desa Masbagik Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Untuk informan penelitian ini ialah para pengrajin gerabah, dan para pemilik art shop, pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa kondisi aktivitas ekonomi masyarakat pada masa pandemi COVID-19 ini sebagian besar mengalami penurunan sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan sehari-hari mereka. Kesimpulan dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi yang digunakan oleh pengrajin, dan penjual gerabah ada tiga yaitu : 1) strategi aktif dengan cara memanfaatkan potensi yang dimiliki seperti berinovasi dengan cara membuat gerabah yang menarik perhatian pembeli, memanfaatkan potensi seluruh keluarga dengan membagi kerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, 2) strategi pasif dengan cara menerapkan hidup hemat mengurangi membeli barang yang tidak terlalu diperlukan, 3) strategi jaringan dengan cara melakukan pinjaman kepada saudara, tetangga, dan di lembaga formal seperti Bank, adapun strategi dari pemerintah ialah pembentukan POKDARWIS untuk menaikkan kembali eksistensi kerajinan gerabah di Desa Masbagik Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Strategi, Ekonomi, Gerabah, COVID-19, Lombok Timur
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Aug 2021 13:53
Last Modified: 30 Aug 2021 13:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23632

Actions (login required)

View Item View Item