MAKNA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM UNGKAPAN TRADISIONAL BIMA : KAJIAN SEMIOLOGI PERSPEKTIF ROLAND BARTHES

ANNISAH, NUR (2017) MAKNA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM UNGKAPAN TRADISIONAL BIMA : KAJIAN SEMIOLOGI PERSPEKTIF ROLAND BARTHES. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186MB)

Abstract

Skripsi ini membahas “Makna dan Nilai Pendidikan dalam Ungkapan tradisional Bima: Kajian Semiologi perspektif Roland Barthes”. Penelitian ini memiliki dua Rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana makna ungkapan tradisional Bima? dan (2) nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam ungkapan tradisional Bima?. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis makna serta nilai pendidikan dalam ungkapan tradisional Bima. Jenis penelitian ini termaksud penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, rekam, simak, dan catat. Analisis data menggunakan cara kerja Roland Barthes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu trerdapat 20 data makna ungkapan tradisional Bima dan 4 nilai pendidikan. Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam ungkapan tradisional Bima adalah nilai pendidikan religius, moral, sosial , dan budaya. Adapun nilai religius mencakup: (1) percaya takdir, (2) beribadah. Nilai moral mencakup: (1) menghormati guru, (2) mengakui kesalahan dan minta maaf, (3) menjaga orang lain, (4) rendah hati. Nilai sosial mencakup: (a) kerja sama, (b) persahabatan. Nilai budaya mencakup: (a) mengalah, (b) tetap pendirian, (c) tidak membicarakan orang lain dibelakan, dan (d) kewaspadaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Makna, nilai pendidikan, ungkapan tradisional Bima, Semiologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Apr 2018 05:44
Last Modified: 11 Apr 2018 05:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item