ANALISIS BENTUK, MAKNA DAN NILAI BUDAYA TAKHAYUL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI DESA WADUKOPA KECAMATAN SOROMANDI KABUPATEN BIMA

NURWIDAYANTI, NURWIDAYANTI (2021) ANALISIS BENTUK, MAKNA DAN NILAI BUDAYA TAKHAYUL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI DESA WADUKOPA KECAMATAN SOROMANDI KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURWIDAYANTI E1C017067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk takhayul dalam kehidupan masyarakat di Desa Wadukopa Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima (2) Bagaimanakah makna takhayul dalam kehidupan masyarakat di Desa Wadukopa Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima (3) Apa saja nilai takhayul yang ada dalam kehidupan masyarakat di Desa Wadukopa Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Bentuk takhayul dalam kehidupan masyarakat di Desa Wadukopa Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima (2) Makna takhayul dalam kehidupan masyarakat di Desa Wadukopa Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima (3) Nilai takhayul yang ada dalam kehidupan masyarakat di Desa Wadukopa Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. Data dalam penelitian ini adalah data yang mengandung bentuk, makna dan nilai budaya takhayul. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara terhadap masyarakat desa Wadukopa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk takhayul yang terkandung dalam kehidupan masyarakat Desa Wadukopa Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima terdiri atas beberapa pola di antaranya: a) takhayul berpola sebab-akibat, b) takhayul berpola akibat-sebab, c) takhayul berpola konversi-akibat, d) takhayul berpola tanda-akibat. (2) Makna takhayul yang terkandung dalam kehidupan masyarakat Desa Wadukopa Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima terdiri atas makna larangan, makna religius, makna nasihat, dan makna anggapan. (3) Nilai-nilai takhayul yang terkandung dalam kehidupan masyarakat Desa Wadukopa Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima terdiri atas nilai moral, nilai sosial, nilai pendidikan, dan nilai religius.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Takhayul, Budaya, Bentuk, Makna, dan Nilai.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Aug 2021 13:46
Last Modified: 30 Aug 2021 13:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23745

Actions (login required)

View Item View Item