ANALISIS KOMPETENSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS BERDASARKAN K13 DI SMAN 2 DOMPU

PUTRI, HARYANTI (2021) ANALISIS KOMPETENSI GURU BAHASA INDONESIA DALAM MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS BERDASARKAN K13 DI SMAN 2 DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL PUTRI HARYANTI (E1C117058).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan utnuk mendeskripsikan kemampuan guru bahasa Indonesia di SMAN 2 DOMPU dalam merancang perangkat pembelajaran berbasis teks berdasarkan Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia di SMAN 2 DOMPU telah menyusun perangkat pembelajaran berbasis teks yaitu RPP sesuai dengan komponen desain pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Komponen RPP berdasarkan kurikulum 2013 meliputi: Identitas sekolah, Identitas mata pelajaran atau tema, Kelas/semester, Materi pokok, Alokasi waktu, Kompetensi inti, Kompetensi Dasar dan Indikator, Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, Materi pembelajaran, Metode pembelajaran, Media pembelajaran, Sumber belajar, Langkah-langkah pembelajaran berbasis teks, dan Penilaian hasil pembelajaran berbasis teks. Berdasarkan hasil perhitungan skor setiap aspek dari komponen RPP yang dikembangkan, diperoleh nilai 80,5% untuk hasil rancangan yang disusun oleh guru bahasa Indonesia kelas XI di SMAN 2 DOMPU. Nilai ini berada pada kategori B yaitu baik berdasarkan pedoman penelaah RPP yang di susun oleh kemendikbud dan pendapat para ahli.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kemampuan Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Teks, dan Kurikulum 2013.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Aug 2021 13:46
Last Modified: 30 Aug 2021 13:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23749

Actions (login required)

View Item View Item