PENGGUNAAN INFLUENCER SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DALAM SOCIAL MEDIA MARKETING BISNIS KULINER DAPOER IBU FENNY G DI KOTA MATARAM

Jodi, Martha Parhan (2021) PENGGUNAAN INFLUENCER SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DALAM SOCIAL MEDIA MARKETING BISNIS KULINER DAPOER IBU FENNY G DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JODII.MP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penggunaan Influencer Sebagai Brand Ambassador Dalam Social Media Marketing Bisnis Kuliner Dapoer Ibu Fenny G Di Kota Mataram”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan influencer sebagai brand ambassador dalam social media marketing (instagram) Dapoer Ibu Fenny G. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dan penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Subjek dalam penelitian ini adalah Pemilik/Owner Dapoer Ibu Fenny G sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah praktik Social media marketing (Instagram) oleh pelaku bisnis kuliner Dapoer Ibu Fenny G di kota Mataram. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam (in-depth interview). Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah mulai dari Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh Dapoer Ibu Fenny G untuk memasarkan produknya yaitu dengan menggunakan Social Media Marketing (Instagram) atau pemasaran melalui media sosial. Penggunaan social media marketing (instagram) ini berlangsung sejak bulan oktober 2019 dan masih berlangsung sampai sekarang. Tidak hanya menggunakan instagram untuk memasarkan produknya, Dapoer Ibu Fenny G juga menunjuk influencer lokal sebagai brand ambassadornya yaitu Baiq Wiriamae Azzahra dan Maya Agustin. Baiq Wiriamae Azzahra adalah influencer lokal yang aktif di instagram dan memiliki followers sebanyak 67,3RB. Sedangkan Maya Agustin sebanyak 51,2RB followers. Pada dasarnya penunjukan brand ambassador disini bertujuan untuk membantu pemasaran dari Dapoer Ibu Fenny G dan merepresentasikan tentang hal hal positif yang dimiliki Dapoer Ibu Fenny G sehingga dapat meningkatkan tingkat penjualan dari merek tersebut. Penggunaan brand ambassador influencer di Dapoer Ibu Fenny G merupakan strategi pemasaran yang paling efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Brand Ambassador, Influencer, Social Media Marketing.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Aug 2021 13:45
Last Modified: 30 Aug 2021 13:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23757

Actions (login required)

View Item View Item