PERFORMA PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN BENIH IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus blochii) DENGAN KOMBINASI TEPUNG IKAN DAN TEPUNG MAGGOT

Irin, Nur Fitrah (2021) PERFORMA PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN BENIH IKAN BAWAL BINTANG (Trachinotus blochii) DENGAN KOMBINASI TEPUNG IKAN DAN TEPUNG MAGGOT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Irin Nur Fitrah-C1K016045-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Usaha budidaya memerlukan bahan baku penyusun pakan yang efektif untuk meningkatkan pertumbuhan dan efisiensi pakan. Tepung ikan termasuk salah satu bahan baku sebagai sumber protein hewani. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan tepung ikan, perlu adanya bahan alternatif lain yang dapat mengurangi penggunaan tepung ikan yang masih impor. Salah satunya dengan mengkombinasikan tepung ikan dengan tepung maggot dalam pakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi tepung ikan dan tepung maggot dalam pakan terhadap performa pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan bawal bintang. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Pengembangan Budidaya Perikanan Pantai, Desa Sekotong Lombok Barat dari tanggal 27 November 2020 sampai 10 Januari 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan dan tiga ulangan, yaitu : (P1) Pakan dengan tepung ikan 70% dan tepung maggot 0%, (P2) Pakan dengan tepung ikan 52% dan tepung maggot 18%, (P3) Pakan dengan tepung ikan 35% dan tepung maggot 35%, (P4) Pakan dengan tepung ikan 18% dan tepung maggot 52%, dan (P5) Pakan dengan tepung ikan 0% dan tepung maggot 70%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pakan uji kombinasi tepung ikan dan tepung maggot berpengaruh nyata terhadap parameter pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan bobot mutlak, laju pertumbuhan panjang spesifik, laju pertumbuhan bobot spesifik, rasio konversi pakan, efisiensi pemanfaatan pakan, dan indeks hepatosomatik (P<0.05), akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap tingkat kelangsungan hidup (P>0.05).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ikan Bawal Bintang, Pakan, Maggot
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2021 11:22
Last Modified: 31 Aug 2021 11:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23780

Actions (login required)

View Item View Item