Haerunnisa, Haerunnisa (2021) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN E- LEARNING PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI HAERUNNISA (NON BARCODE).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan e-learning pada Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram yang mencangkup penerapan e-learning, interaksi yang terjadi antar mahasiswa dan dosen serta antar mahasiswa dengan mahasiswa dan juga manfaat dari e-learning yang telah dilaksanakan. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan 164 mahasiswa sebagai sampel yang ditentukan dengan metode proportionate stratified random sampling. Data persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan e-learning dikumpulkan menggunakan angket tertutup dengan skala likert. Persepsi mahasiswa terdiri dari tiga indikator yaitu persepsi evaluasi, kemudahan dan kebermanfaatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan e-learning dalam kategori cukup dan direspon cukup baik oleh mahasiswa. Hal ini ditinjau dari tiga indikator persepsi yaitu persepsi evaluasi, kemudahan dan kebermanfaatan. Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiswa menilai e-learning mudah digunakan serta mengakses bahan perkuliahan yang telah diupload oleh dosen. Selain itu, e- learning juga memiliki kemudahan dalam hal interaksi antara mahasiswa dengan sesamanya maupun dengan dosen namun metode dan strategi pembelajaran dirasa mahasiswa belum efektif seperti berdiskusi dan praktikum secara e-learning dan adanya kendala sinyal yang menghambat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: persepsi, pembelajaran e-learning, internet. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 11:22 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 11:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23783 |
Actions (login required)
View Item |