BUDIDAYA Sargassum sp. DENGAN BERAT BIBIT BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN ALGINAT DENGAN SISTEM BUDIDAYA RAKIT APUNG DI TELUK EKAS, LOMBOK TIMUR

Wiwin, Safitri (2021) BUDIDAYA Sargassum sp. DENGAN BERAT BIBIT BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KANDUNGAN ALGINAT DENGAN SISTEM BUDIDAYA RAKIT APUNG DI TELUK EKAS, LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1K017104_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sargassum sp. merupakan alga coklat yang termasuk dalam kelas Phaecophyceae yang tumbuh di Indonesia. Sargassum sp. diekspor memiliki kandungan polisakarida yaitu alginat. Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui pertumbuhan Sargassum sp. dengan bobot bibit berbeda yang dibudidayaka menggunakan rakit apung. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2020 sampai dengan bula Maret 2021 di Teluk Ekas, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian yang digunaka adalah metode eksperimental dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari perlakuan dengan 4 kali ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah perbedaan berat bibit awal yan digunakan yaitu perlakuan A (25 g), perlakuan B (50 g), perlakuan C (100 g), perlakuan D (150 g), da perlakuan E (200 g). Budidaya Sargassum dilakukan selama 30 hari pemeliharaan. Hasil penelitian in adalah berat mutlak tertinggi yaitu pada perlakuan E dengan berat akhir rata-rata 550 g dan terendah terjadi pada perlakuan A yaitu dengan berat akhir rata-rata 262,5 g. Pertumbuhan spesifik tertinggi pad perlakuan A dengan nilai rata-rata 8,13%/hari dan terendah pada perlakuan E dengan nilai rata-rat 4,4%/hari. Kesimpulan penelitian ini adalah berat bibit awal yang berbeda memiliki pengaruh nyata terhadap pertumbuhan Sargassum sp. yang dibudidayakan dengan menggunakan metode rakit apung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pertumbuhan Sargasssum sp., berat bibi berbeda, metode rakit apung
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2021 11:22
Last Modified: 31 Aug 2021 11:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item View Item