KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 MATARAM

ALI, AQIF RABBANI FADHOLI (2021) KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ALI AQIF RABBANI FADHOLI_NIM E1C017007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 11 Mataram. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah struktur teks cerita fabel, kaidah kebahasaan, dan karakteristiknya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan metode tes (hasil menulis teks cerita fabel). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kemampuan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 11 Mataram termasuk dalam kategori berkemampuan baik karena hasil tes menulis kemampuan siswa menunjukkan bahwa keseluruhan jumah skor tiga aspek penilaian berjumlah 1.846 persentase 81% dengan kategori jenjang baik. Adapun rincian dari perolehan nilai secara kuantitatif adalah: Pertama, pada aspek struktur teks terdapat sepuluh siswa yang mendapatkan kategori sangat baik dengan skor 330 persentase 43%, enam siswa yang mendapatkan kategori baik dengan skor 156 persentase 26%, lima siswa memperoleh kategori cukup dengan skor 85 persentase 22%, dan dua siswa dengan kategori kurang dengan skor 32 persentase 9%. Kedua, pada aspek kaidah kebahasaan terdapat sembilan siswa yang mendapatkan kategori sangat baik dengan skor 296 persentase 48%, sembilan siswa mendapatkan kategori baik dengan skor 234 persentase 38%, dan lima siswa meraih kategori cukup dengan skor 85 persentase 14%. Ketiga, pada aspek karakteristik teks cerita fabel, terdapat delapan siswa mendapatkan kategori sangat baik dengan skor 264 persentase 42%, 12 siswa mendapatkan kategori baik dengan skor 312 persentase 50%, dan tiga siswa memiliki kategori cukup dengan 51 skor persentase 8%. Dengan demikian, perolehan nilai rata-rata yang diraih siswa adalah 81. Nilaii tersebut berada pada rentang angka 79-90.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kemampuan menulis teks cerita fabel, struktur teks, kaidah kebahasaan, dan karakteristik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2021 11:23
Last Modified: 31 Aug 2021 11:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23794

Actions (login required)

View Item View Item