KARAKTERISTIK FISIK DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS DAGING AYAM PETELUR AFKIR DENGAN TAMBAHAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleuretus ostreatus) SEBAGAI SUMBER SERAT PANGAN

AUDINA, PUTRI (2021) KARAKTERISTIK FISIK DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS DAGING AYAM PETELUR AFKIR DENGAN TAMBAHAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleuretus ostreatus) SEBAGAI SUMBER SERAT PANGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Audina Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik, nilai organoleptik dan kandungan serat kasar sosis daging ayam petelur afkir dengan bahan tambahan jamur tiram putih pada berbagai level. Penelitian inidilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) Fakultas Peternakan Universitas Mataram untuk pembuatan sosis dan uji sifat fisiknya, dan Laboratorium Nutrisi dan Pakan Ternak untuk uji kandungan serat. Materi penelitian yang digunakan adalah ayam petelur afkir, jamur tiram putih dan bumbu- bumbu. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan, yang meliputi tanpa penambahan tepung jamur tiram putih P0 (0%), penambahan tepung jamur tiram pada pada P1 (5%), P2 (10%), P3 (15%). Data analisis menggunakan ANOVA di SAS Software. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level penggunaan tepung jamur tiram putih berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap warna, aroma dan tekstur. Tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap rasa dan penerimaan sosis secara keseluruhan. Penambahan tepung jamur tiram putih sangat berbeda nyata (P<0,01) menaikan kadar serat kasar sosis, demikian juga secara nyata (P<0,05) menaikkan nilai susut masak sosis, namun memberikan pengaruh yangnyata (P>0,05) terhadap Daya Ikat Air.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Sosis ayam afkir, jamur tiram putih, sifat fisik, serat kasar, nilai organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Aug 2021 11:23
Last Modified: 31 Aug 2021 11:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23795

Actions (login required)

View Item View Item